Siapkan 4 Dokumen Penting Syarat Seleksi CPNS 2019 Berikut

Seleksi CPNS 2019 rencananya akan diadakan pada sekitar bulan Oktober mendatang. Seleksi CPNS ini nantinya akan bersamaan juga dengan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap Kedua.

Total kebutuhan ASN untuk tahun 2019 adalah 254.173. Total kebutuhan tersebut mencakup 100.000 formasi CPNS dan 100.000 formasi PPPK Tahap Kedua. Sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi PPPK Tahap Pertama kemarin.

Proses seleksi CPNS 2019 akan dilakukan secara transparan sesuai mekanisme yang diatur oleh panitia seleksi.

Peserta tes dinyatakan lolos seleksi jika memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang telah ditetapkan

Mengingat persaingan untuk bisa lolos seleksi CPNS 2019 semakin berat, maka pelamar harus benar-benar mempersiapkan diri sejak awal.

Persiapannya mulai dari menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan sampai penguasaan soal-soal tes kompetensi dasar.

Baca : Pahami Tahapan SKD dan SKB Rekruitmen CPNS dan PPPK Tahun 2019

Persyaratan umum pendaftaran seleksi CPNS tahun 2019 sebagai berikut.

  1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 2 (dua) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan pesyaratan jabatan yang dilamar.

Siapkan 4 Dokumen Penting Syarat Seleksi CPNS 2019 Berikut

Selain persyaratan umum yang perlu diperhatikan oleh pelamar, panitia seleksi CPNS 2019 juga akan mewajibkan pelamar untuk menyiapkan beberapa dokumen penting.

Berikut ini adalah 4 dokumen penting yang wajib disiapkan pelamar untuk mendaftar dalam seleksi CPNS tahun 2019.

1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) merupakan identitas resmi pelamar yang diterbitkan oleh Dukcapil setempat dan dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya yang berfungsi secara komputerisasi.

Di dalam e-KTP terdapat biodata pelamar, yang meliputi beberapa komponen berikut.

  • Nomor Induk Kependudukan
  • Nama lengkap
  • Tempat dan Tanggal lahir
  • Jenis kelamin
  • Agama
  • Status
  • Golongan darah
  • Alamat lengkap pemegang KTP (RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan)
  • Pekerjaan
  • Pas foto
  • Tempat dan tanggal dikeluarkannya KTP
  • Tanda tangan pemegang KTP
  • Nama dan nomor induk pegawai pejabat yang menandatanganinya

Pelamar yang belum mempunyai e-KTP, dapat menggunakan bukti identitas berupa surat keterangan perekaman e-KTP yang diterbitkan oleh Dukcapil setempat.

2. Kartu Keluarga

Kartu Keluarga atau sering disebut KK adalah kartu yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga.

Pelamar wajib memiliki Kartu Keluarga, berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarga pelamar.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah adalah surat tanda kelulusan yang berbentuk dokumen negara yang berisikan nilai kompetensi pelamar yang diperoleh melalui pendidikan.

Sedangkan transkrip nilai merupakan daftar nilai keseluruhan hasil belajar dan indeks prestasi dari matakuliah program studi yang diberikan sebagai lampiran ijazah.

4. Foto Diri

Pelamar juga perlu menyiapkan foto diri terbaru sesuai dengan ketentuan persyaratan.

Mengutip persyaratan CPNS tahun 2018 terkait dengan foto diri, dijelaskan bahwa pelamar wajib mengunggah foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun pendaftaran.

Leave a Reply