Naskah Pidato HUT Pramuka Indonesia Ke 58 Tahun 2019

Gerakan Pramuka Indonesia telah memasuki usia ke 58 pada tahun 2019 ini. Tepatnya tanggal 14 Agustus 1961 yang lampau, telah lahir gerakan kepanduan Indonesia yang selanjutnya diberi nama Pramuka.

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya “rakyat muda suka berkarya”.

Lahirnya Gerakan Pramuka ini dimantapkan oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Pada hari bersejarah tersebut, untuk pertama kalinya dilaksanakan pelantikan Mapinas, Kawarnas, dan Kwarnari yang dilaksanakan di Istana Negara.

Pelantikan juga dimeriahkan dengan defile Pramuka dan pengaugerahan panji-panji Pramuka untuk diperkenalkan secala lebih luas kepada masyarakat.

Gerakan Pramuka Indonesia selanjutnya berkembang menjadi sebuah organisasi nonformal yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan kepanduan di sekolah.

Tingkatan anggota Gerakan Pramuka, meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

Penentuan tingkatan ini berdasarkan pada usia masing-masing  anggota Pramuka untuk disesuaikan dengan materi pendidikan Kepramukaan yang akan diberikan.

Pendidikan Kepramukaan sebagai nama kegiatan anggota Gerakan Pramuka berfungsi untuk melengkapi pendidikan di lingkungan sekolah dan juga lingkungan keluarga.

Pendidikan Kepramukaan harus dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik, praktis, dan menyenangkan.

Baca : Tema dan Logo Resmi HUT Ke 58 Pramuka Indonesia Tahun 2019

Kegiatan kepramukaan diupayakan untuk dilakukan di alam terbuka dengan memperhatikan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan untuk membentuk karakter dan budi pekerti luhur anggota Pramuka.

Naskah Pidato HUT Pramuka Indonesia Ke 58 Tahun 2019

Rangkaian peringatan HUT Pramuka Indonesia akan diawali dengan pelaksanaan upacara. Upacara peringatan HUT Pramuka dilakukan untuk mengenang kembali sejarah lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan upacara HUT Pramuka Indonesia juga untuk mempererat persaudaraan antar anggota Pramuka dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

Upacara HUT Pramuka Indonesia ke 58 tahun 2019 dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 14 Agustus 2019 mendatang.

Baca : Model Implementasi Pendidikan Kepramukaan Dalam Kurikulum 2013

Salah satu acara dalam upacara HUT Pramuka ke 58 tahun 2019 tersebut adalah pembacaan pidato sambutan.

Naskah pidato HUT Pramuka Indonesia ke 58 tahun 2019 ini nantinya akan dibacakan secara langsung oleh pembina upacara pada saat memasuki acara amanat.

Berikut adalah salinan naskah pidato HUT Pramuka Indonesia ke 58 tahun 2019.

SAMBUTAN/PIDATO UPACARA
PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-58 TAHUN 2019
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum wr. wb.
Selamat pagi, salam sejahtera.
Salam Pramuka!
Yang kami hormati Bapak dan Ibu Dewan Pembina Pramuka ……. dan seluruh adik- adik sekalian yang kami cintai dan kami banggakan.
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat, rahmat dan hidayahnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam memperingati hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019.
Selanjutnya, Saya juga ingin mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke 58, semoga jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.
Tema Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI.
Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membanguna keutuhan NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.
Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri”.
Kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk Mengurangi Sampah Plastlk; aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-
Tepuk Pramuka …….
Tepuk Pramuka…….
Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak mud ayang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.
Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.
Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana.
Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Terakhir Saya ingin berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di sini. Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif.
Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang.
Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia.
Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
……….

Naskah Pidato Peringatan HUT Pramuka Indonesia Ke 58 Tahun 2019 secara lengkap dapat di download pada link berikut.

Naskah Pidato HUT Pramuka Ke 58 Tahun 2019

Tinggalkan Balasan