Kisi-kisi Soal Pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2019 adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menyiapkan guru-guru profesional.

Melalui Program PPG Dalam Jabatan, diharapkan akan dihasilkan guru-guru yang profesional dan memiliki kemampuan unggul untuk menghadapi pendidikan sesuai tuntutan jaman.

Dengan mengikuti Program Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan, guru dapat menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.

Program PPG Dalam Jabatan diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang telah memenuhi persyaratan.

Tujuan Program PPG Dalam Jabatan

Tujuan umum program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sedangkan secara khusus, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) seperti yang tercantum dalam Permendiknas Nomor 8 Tahun 2009 Pasal 2 sebagai berikut.

1. Menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran.

2. Menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik.

3. Melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

Sistem Pendidikan Program PPG Dalam Jabatan

Sistem pembelajaran dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencakup perkuliahan, praktikum, dan praktek penggalaman lapangan yang diselengarakan dengan pemantauan langsung secara insentif oleh dosen yang ditugaskan khusus untuk kegiatan tersebut serta dinilai secara objektif dan transparan.

Perkuliahan praktikum dan praktek pengalaman lapangan dilaksanakan secara tatap muka dan berorientasi pada pencapaian kompetensi merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menulis hasil pembelajaran, menindaklanjuti hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan pada pelatih.

Uji kompetensi sebagai ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian kompetensi tersebut ditempuh setelah peserta lulus semua program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ujian tulis dilaksanakan oleh program studi atau jurusan penyelenggara, sedangkan ujian kinerja dilaksanakan oleh program studi atau jurusan dengan melibatkan organisasi profesi maupun pihak eksternal yang profesional dan relevan.

Peserta yang lulus uji kompetensi berhak untuk memperoleh sertifikat pendidik bernomor registrasi yang dikeluarkan oleh penyelenggara PPG.

Seleksi Kemampuan Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan 2019

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan surat edaran tentang seleksi kemampuan akademik (pretest) tahun 2019 program PPG Dalam Jabatan.

Di dalam surat edaran tersebut diinformasikan bahwa untuk pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG), Dirjen GTK akan melakukan seleksi kemampuan akademik (pretest) tahun 2019 program PPG Dalam Jabatan.

Pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang  Guru serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015.

Dirjen GTK menyampaikan beberapa informasi terkait persiapan pelaksanaan seleksi kemampuan akademik (pretest) tahun 2019 Program PPG Dalam Jabatan sebagai berikut.

1. Calon peserta seleksi kemampuan akademik adalah guru tetap yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

2. Calon peserta seleksi kemampuan akademik melakukan pendaftaran melalui laman http://gtk.belajar.kemendikbud.go.id dengan mengisi bidang studi PPG yang dipilih sesuai ijasah S-1 atau D-IV.

3. Verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk melihat.

  • Lineritas antara program studi kualifikasi akademik S-1 atau D-IV dengan bidang studi PPG yang telah ditetapkan oleh calon peserta. Acuan verifikasi data menggunakan tabel linieritas pada lampiran surat edaran.
  • SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap, yaitu guru yang status kepegawaiannya PNS dan non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat.

4. Calon peserta yang dinyatakan lolos verifikasi dan validasi akan mengikuti seleksi kemampuan akademik pada tempat uji kompetensi (TUK) yang ditentukan.

Kategori Peserta PPG Dalam Jabatan 2019

Calon peserta seleksi kemampuan akademik (pretest) adalah guru tetap di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kriteria sebagai berikut.

1. Belum pernah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik.

2. Telah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik, tetapi belum mencapai nilai minimum yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

3. Telah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik, tetapi mengalami perubahan pilihan bidang studi PPG.

Persyaratan Peserta Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan 2019

Calon peserta seleksi kemampuan akademik (pretets) tahun 2019 program PPG Dalam Jabatan wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut.

1. Guru Tetap, yaitu guru yang status kepegawaiannya PNS atau Non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat yang belum memiliki sertifikat pendidik.

2. Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Diangkat sebagai guru sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

4. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

5. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijasah S-1 atau D-IV dan sesuai dengan bidang studi pada PPG yang akan diikuti.

6. Berusia setinggi-tingginya 57 tahun, dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

7. Sehat jasmani dan rohani.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran seleksi kemampuan akademik dilakukan melalui laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Guru membuka laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id

2. Guru login menggunakan akun SIM PKB masing-masing.

3. Setelah berhasil login, guru selanjutnya mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijasah asli S-1 atau D-IV dan SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap.

4. Guru memilih nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1 atau D-IV.

5. Guru memilih dan menetapkan bidang studi PPG yang linier dengan program studi pada ijazah S-1 atau D-IV yang dimiliki.

6. Guru harus aktif memeriksa status hasil verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan melalui  akun SIM PKB masing-masing.

7. Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan peserta seleksi kemampuan akademik (pretest) tahun 2019 program PPG Dalam Jabatan.

8. Guru mencetak kartu peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 melalui lama http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id.

9. Guru mengikuti seleksi kemampuan akademik pada waktu dan tempat yang tercantum pada kartu peserta.

10. Pengumuman hasil seleksi kemampuan akademik dapat dilihat pada laman http://sergur.kemdikbud.go.id.

Pelaksanaan verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi kemampuan akademik dilakukan oleh LPMP.

Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.

1. “Diterima” jika bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi pada ijazah S-1 atau D-IV dan memiliki SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap.

2. “Ditolak” jika bidang studi yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-I atau D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan atau serta tidak dapat menunjukkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tidak tetap sampai batas waktu verifikasi berakhir.

3. “Diperbaiki” jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1 atau D-IV, tetapi dimungkinkan adanya perbaikan dan atau tidak melampirkan SK dua tahun terakhir sebagai guru tetap. Perbaikan data ajuan dapat dilakukan paling lambat tanggal 26 Oktober 2019.

Jadwal Seleksi Kemampuan Akademik (Pretest) PPG Dalam Jabatan 2019

Berikut adalah rangkaian jadwal mulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan seleksi kemampuan akademik (pretest) oleh Dirjen GTK.

Kisi-kisi Soal Pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun sebagai upaya untuk mengetahui capaian kompetensi awal peserta PPG.

Baca : Daftar Linieritas S-1 D-IV Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019.

Hasil pretest tersebut nantinya akan digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Di dalam membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi pretest PPG Dalam Jabatan 2019, berikut ini admin bagikan kisi-kisi Soal Pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan Tahun 2019.

Kisi-kisi Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2019 ini dapat memberikan gambaran tentang bentuk soal pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan tahun 2019 yang nantinya akan Anda kerjakan.

Kisi-kisi Soal Pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 terdiri dari kisi-kisi kompetensi pedagogik dan kisi-kisi kompetensi profesional.

KISI-KISI SOAL UJI PENGETAHUAN
UJI KOMPETENSI PENDIDIKAN PROFESI GURU
MATA UJI : BAHASA INDONESIA

Kompetensi Pedagogik

Capaian Pembelajaran :

1. Mengembangkan dokumen kurikulum bahasa dan sastra Indonesia dalam bentuk perencanaan guru.

Indikator Esensial :

Mampu memberi contoh penerapan prinsip pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia

Capaian Pembelajaran :

2. Mengembangkan dan menerapkan rencana pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif dan kreatif

Indikator Esensial :

a. Mampu menganalisis prinsip pengembangan rencana pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia menggunakan pendekatan, model, prosedur dan teknik mengajar bahasa dan sastra Indonesia yang sesuai dengan karakter peserta didik

b. Mampu memberi contoh penerapan pendekatan, dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia

c. Mampu memberi contoh penerapan model, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

d. Mampu memberi contoh penerapan prosedur pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

e. Mampu memberi contoh penerapan teknik pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Capaian Pembelajaran :

3. Mengembangkan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik

Indikator Esensial :

a. Mampu menyimpulkan prinsip pengembangan bahan ajar BI untuk materi kebahasaan (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik).

b. Mampu menyimpulkan prinsip pengembangan bahan ajar BI untuk materi kesusastraan (puisi dan prosa).

Capaian Pembelajaran :

4. Merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar bahasa dan sastra Indonesia dan menggunakannya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Indikator Esensial :

Mampu menganalisis prinsip perencanaan penilaian hasil belajar bahasa dan sastra
Indonesia.

Capaian Pembelajaran :

5. Meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.

Indikator Esensial :

a. Mampu menganalisis konsep penilaian proses belajar BI (keterampilan berbahasa
dan tata bahasa).

b. Mampu menganalisis konsep penilaian hasil belajar BI (keterampilan berbahasa dan tata bahasa).

Capaian Pembelajaran :

6. Menerapkan TIK dalam perencanaan guru dan dalam proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Indikator Esensial :

Mampu mengidentifikasi prinsip penggunaan TIK dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

………………

Download kisi-kisi soal pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 secara lengkap pada link berikut ini.

Kisi-kisi Soal Pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan 2019 (Download)

Baca : Latihan Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 pada mata ujian lainnya dapat diunduh melalui link berikut.

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – PGSD (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – IPA (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Fisika (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Kimia (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Biologi (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – PAUD (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – PLB (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – PJOK (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Bahasa Inggris (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – PPKn (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Sejarah (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Geografi (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Akuntasi (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – Ekonomi (Download)

Kisi-kisi Soal Pretest Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 – BK (Download)

Demikian yang admin bagikan mengenai kisi-kisi soal pretest Bahasa Indonesia PPG Dalam Jabatan Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan