Buku Guru dan Buku Siswa IPA Kelas 8 SMP K13 Revisi 2017

Buku Guru dan Buku Siswa merupakan bagian penting pembelajaran pada Kurikulum 2013.

Keduanya menjadi buku acuan wajib untuk digunakan pada satuan pendidikan yang memuat materi pembelajaran tertentu dan disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Buku Guru

Buku Guru berfungsi sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan terbagi dalam dua bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran serta petunjuk khusus pembelajaran setiap bab sesuai dengan Buku Siswa.

Isinya secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Pengalaman belajar bermakna.
  2. Teknik penilaian peserta didik.
  3. Informasi tentang kegiatan remedial dan pengayaan;
  4. Kegiatan interaksi guru dan orang tua
  5. Petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Fungsi Buku Guru

Buku Guru telah disiapkan oleh pemerintah sesuai Permendikbud Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru, secara khusus berfungsi sebagai berikut.

  • Untuk petunjuk penggunaan Buku Siswa

Sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa, maka informasi yang akan didapatkan guru adalah sebagai berikut.

  1. Karakteristik Kurikulum 2013
  2. Kompetensi Inti
  3. Kompetensi Dasar
  4. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
  5. Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.
  • Untuk acuan kegiatan pembelajaran di kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Penjelasan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  2. Penjelasan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan.
  3. Penjelaskan teknik dan instrumen penilaian yang digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Penjelasan tentang metode dan teknik pembelajaran

Buku guru juga menyajikan informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran sesuai materi yang akan diajarkan.

Karakteristik Buku Guru

Buku Guru adalah salah satu sarana implementasi Kurikulum 2013, sehingga penyusunannya harus memperhatikan karakteristik berikut.

  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik dan memanfaatkan masyarakat serta lingkungan sebagai sumber belajar.
  • Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  • Mengembangkan Kompetensi Inti menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar.

Buku Siswa

Buku Siswa adalah buku panduan belajar peserta didik yang memuat materi pelajaran, kegiatan penyelidikan berdasarkan konsep, kegiatan sains, informasi, dan contoh-contoh penerapan sains dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat menggunakannya sebagai sarana penunjang pembelajaran, baik di kelas maupun di rumah. Dengan demikian, di dalam mengembangkan Buku Siswa, konsep dan gagasan-gagasannya harus berupa konsep dasar.

Fungsi Buku Siswa

Buku Siswa berfungsi sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu dan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di kelas.

Buku dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan, agar peserta dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Kegiatannya diarahkan agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya.

Isi Buku Siswa

Pada setiap bab Buku Siswa dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, dan bagian kegiatan peserta didik yang berupa ekperimen, non eksperimen, diskusi, latihan soal, rangkuman, evaluasi, serta tugas.

Buku Siswa berbasis kegiatan (activity based), sehingga memungkinkan bagi peserta didik dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.

Guru dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan.

Baca :

Kegiatan-kegiatan dalam Buku Siswa berupaya memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.

Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa diberikan ruang bagi peserta didik untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya.

Buku Guru dan Buku Siswa IPA Kelas 8 SMP K13 Revisi 2017

Materi IPA pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 8 Kurikulum 2013 terbagi dalam 11 (sebelas) bab, sebagai berikut.

Semester 1
  • Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar
  • Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari
  • Struktur dan Fungsi Tumbuhan
  • Sistem Pencernaan Manusia
  • Zat Aditif dan Zat Adiktif
  • Sistem Peredaran Darah Manusia
Semester 2
  • Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Sistem Pernapasan Manusia
  • Sistem Ekskresi Manusia
  • Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Cahaya dan Alat Optik

Berikut adalah Buku Guru dan Buku Siswa IPA Kelas 8 SMP K13 Revisi 2017 yang dapat digunakan dalam membantu melaksanakan pembelajaran IPA untuk kelas 8 SMP.

  • Buku Guru IPA Kelas 8 Kurikulum 2013 (Download)
  • Buku Siswa IPA Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 1 (Download) dan 2 (Download)

Tinggalkan Balasan